Apa Itu Viral Content
SEO Blog ~ Viral Content ialah istilah yg disematkan kepada satu buah konten atau konsep di mana konten tersebut tersebar bersama trick dibagikan dari satu orang ke orang lain. Sebab memanfaatkan fasilitas Fb sehingga viral dimaksud disini yaitu tersebar luas di Fb. Lantas bagaimanakah trik kerja viral content tersebut, nah buat mengetahui semakin jauh lagi apa itu viral content silahkan ita simak penjelasan berikut ini.
Yg tentukan satu buah konten dinamakan viral atau berpotensi viral bukan dari jumlah like, comment, atau sharenya. Like, comment, atau sharing itu amat relative tergantung reach dari konten tersebut. Sementara reach pun amat sangat bergantung dari algoritma Fb sendiri. Fanspage bersama jumlah fans amat sangat tidak sedikit, pastinya bakal gampang meraih jumlah hubungan di tiap-tiap postnya lantaran reach organicnya serta besar.
Contoh:
Yg tentukan satu buah konten dinamakan viral atau berpotensi viral bukan dari jumlah like, comment, atau sharenya. Like, comment, atau sharing itu amat relative tergantung reach dari konten tersebut. Sementara reach pun amat sangat bergantung dari algoritma Fb sendiri. Fanspage bersama jumlah fans amat sangat tidak sedikit, pastinya bakal gampang meraih jumlah hubungan di tiap-tiap postnya lantaran reach organicnya serta besar.
Jadi apa yang menentukan sebuah konten itu viral atau berpotensi viral? Konten viral atau berpotensi viral ditentukan berdasarkan rasio atau perbandingan jumlah like dan share. Sebuah post berpotensi viral bila nilai perbandingan like dan share 20% atau lebih.
Contoh:
- Post A: 1000 like, 200 share -> potensi viral.
- Post B: 1000 like, 1000 share -> viral
- Post C: 1000 like, 2000 share -> viral banget
Seorang professor bernama Jonah Berger, menganalisa 10.000 konten dan menemukan ada 6 kunci mengapa konten bisa menjadi viral. Ia menyebutnya 6 key STEPPS. Analisa ini membuktikan bahwa sebuah konten di sosial media bisa menjadi viral bukan karena kebetulan. Viral itu bisa diciptakan.
6 kunci ini dijelaskan secara lengkap dibukunya yang berjudul Contagious: Why Things Catch On. 6 kunci itu adalah:
S = Social currency
T = Trigger
E = Emotion
P = Public
P = Practical value
S = Story
Dari 6 faktor tersebut yang bisa dicari dan ditemukan di Facebook adalah Emotion dan Story.
Hampir bisa dipastikan seseorang itu berbagi karena emosinya. Mereka terpengaruh ketika melihat atau membaca konten di Facebook. Pikiran yang sudah bercampur dengan emosi mempengaruhi mereka untuk segera mengambil tindakan saat itu juga. Kepedulian, memancing mereka untuk berbagi. Jadi prinsipnya “When We Care, We Share”.
Ada 2 jenis emosi, yaitu positif dan negatif.
Contoh:
Share karena emosi positif
Fans Barcelona, ketika melihat jagoan nya juara liga, perasaan mereka senang bukan main dan mereka akan berbagi berita kemenangan jagoannya dan tidak berhenti membicarakan topik itu.Share karena emosi negatif
Orang yang berjiwa nasionalis, ketika membaca dan mendengar kebijakan buruk pemerintah akan merasa marah. Lalu mereka berbagi konten tersebut, dan tidak henti-hentinya membicarakan topik tersebut.Jadi baik konten positif ataupun konten negatif sama-sama berpotensi untuk menjadi sebuah konten yang viral. Tapi yang paling penting bukan jenis emosinya tapi tingkat emosinya yang membedakan suatu konten bisa menjadi viral. Semakin tinggi level emosi yang terlibat maka semakin tinggi pula keinginan orang untuk berbagi. Masih penasaran apa itu viral content?
[habibyunus.com]
0 Response to "Apa Itu Viral Content"
Posting Komentar